Thursday, January 13, 2011

Tips dan Penyebab sakit kepala migrain

Saya sebetulnya sedang
ingin mengetahui apa saja
penyebab migrain
yang seringkali mendatangi.
Saya kira migrain dapat
dialami oleh siapa pun di
segala usia. Gejala yang
paling mudah dirasakan
adalah rasa nyeri atau sakit
kepala sebelah khususnya di
sekitar dahi, pelipis, atau
mata. Kadang-kadang leher
terasa sangat berat.
Pengalaman saya, tanda-
tanda migrain biasanya mulai
terasa menjelang tengah
siang dan akan terasa
semakin nyeri menjelang
petang hari sampai malam
hari. Setelah melewati tidur
malam, migrain akan hilang
dengan sendirinya. Saya
hampir tidak pernah
meminum obat pereda sakit
kepala, paling-paling saya
oleskan minyak kapak atau
axe oil di sekitar bagian
kepala atau leher yang terasa
sakit.
Bagaimana pun, migrain bisa
mengganggu aktifitas bekerja
dan dapat menurunkan
produktivitas bekerja atau
membuat emosi menjadi
labil. Nah, saya kira sangat
baik untuk mengetahui apa
saja penyebab migrain yang
seringkali menghampiri dan
kemudian menjauhi
penyebabnya.
Dalam perhatian saya, ada
beberapa kebiasaan kurang
baik yang membuat saya
didatangi migrain.
1. Tidak Sarapan Pagi
Buat saya, ini sepertinya
penyebab utama migrain
yang seringkali mendatangi.
Bahkan minum segelas susu
atau makan roti di pagi hari
pun belumlah cukup untuk
mengusir datangnya
migrain. Kebiasaan saya
harus makan nasi meskipun
sedikit.
2. Terlambat Makan Siang
Saya kurang tahu apakah
tubuh saya ini tergolong
manja ya. Bahkan terlambat
makan siang saja, migrain
bisa jadi mendatangi. Dalam
kebiasaan saya, jam makan
siang adalah antara jam
11.30 –12.30. Repotnya kalau
sedang mengikuti seminar
atau rapat yang lewat jam
tersebut, wah .. siap-siap
dech menghadapi serangan
migrain. Kuncinya makan
harus teratur ya.
3. Kurang Tidur dan Istirahat
Saya perhatikan jika saya
kurang tidur, aktifitas di hari
berikutnya bisa jadi direcokin
oleh migrain. Bahkan ketika
harus segera menyelesaikan
program doktoral, saya
harus mengatur waktu
sedemikian hingga saya tidak
harus bergadang dan cukup
istirahat.
4. Kurang Olahraga
Rasanya baru menginjak usia
kepala tiga tapi koq untuk
berolahraga rasanya malas
sekali ya. Beda sekali dengan
beberapa tahun lalu, saya
senang sekali berolahraga
mulai jogging rutin dan
maen bola volley. Bisa jadi ini
salah satu kebiasaan yang
membuat migrain acapkali
mendatangi. Semoga saya
mendapatkan kembali
semangat untuk berolah
raga. Koleksi raket
bulutangkis, bola volley, tali
skipping, dan perlengkapan
renang rasanya sudah lama
sekali tidak pernah disentuh.
5. Menyantap Makanan/
Minuman Dingin
Wah, padahal yang
namanya es krim, jus buah,
atau minuman serba dingin
lainnya sangat menggoda
untuk disantap. Saya
perhatikan setiap kali
menyantap makanan dingin,
bukannya nikmat yang
didapatkan tapi bisa jadi
migrain yang didapatkan.
Mulai sekarang saya
mengurangi bahkan sering
menghindari minuman serba
dingin.
6. Kelamaan Menatap
Monitor Komputer
Saya kira kelamaan menatap
monitor komputer bisa jadi
menyebabkan munculnya
migrain. Lebih dari 5 tahun
terakhir ini dalam aktifitas
pekerjaan sehari-hari, saya
menggunakan monitor
LCD dan laptop. Sehingga
tidak hanya monitor CRT
saja, barangkali monitor LCD
dapat juga menyebabkan
munculnya migrain.
7. Minum Teh (Kopi) Setiap
Hari
Saya tidak tahu pasti apa ada
hubungannya minum dua
gelas teh manis setiap hari
dapat memicu munculnya
migrain. Siang dan sore saya
rutin meminum teh tubruk
manis. Kopi, hem .. sering
tapi tidak setiap hari. Agh,
saya harus memperhatikan
kebiasaan ini apakah ada
pengaruh migrain dengan
kebiasaan minum teh atau
kopi.
8. Menempuh Perjalanan
Panjang
Saya perhatikan beberapa kali
tugas luar kota koq
membuat saya didatangi
migrain ya. Apakah karena
perjalanan panjang yang
harus saya tempuh ataukah
karena beberapa penyebab
yang saya tulis
sebelumnya. Perjalanan
antar pulau juga sering kali
membuat migrain. Kalau ini
rasanya tidak akan kapok
dech, karena saya suka sekali
bepergian

Comments :

0 comments to “Tips dan Penyebab sakit kepala migrain”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by nazwa-555

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger