Friday, January 21, 2011

edit template file xml dengan handphone jadul

Membaca judul artikel ini, mungkin kamu sempat berpikir , kita akan menggunakan template blogger untuk wapsite . Tapi yang akan saya bahas kali ini adalah mengedit template blogger ( XML ) di wen. ru dan kemudian digunakan untuk blogger ( blogspot) . Buat kamu yang menggunakan PC atau HP yang canggih, mungkin hal ini tidak perlu terjadi. Tapi bagi pengguna HP jadul seperti saya,mengedit template blogger adalah hal yang sulit, walaupun sudah menggunakan operamini 5 , ucweb , maupun bolt browser . Bayangkan saja , untuk menambah atau menghapus 1 huruf saja bisa memakan waktu sekita 7 detik .sangat menjengkelkan ya kan?
Dari pengalaman itu, saya muncullah ide untuk mengeditnya di wen . ru . Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1 . Ekstrak template zip menggunakan aplikasi PowerGrasp , jZipman , atau semacamnya, dan simpan file XMLnya ke memori hp /kartu memori.

2 . Masuk ke wExplorer di wen . ru , pilih Add dan Upload Via HTML . Upload file XML tadi .

3 . Setelah upload selesai, kembali ke wExplorer dan cari file tadi . Jangan heran jika file tersebut berubah menjadi XHTML . Kamu bisa mengembalikan ke XML , caranya , klik pada nama file , Move/ Rename , dan masukkan nama template tersebut contoh blogger . xml .

~Tips: Jangan mengupload template blogger dalam bentuk zip karena tidak bisa diekstrak secara online di wen. ru .

4 . Agar lebih mudah, gunakan lines editor untuk mengeditnya . Buat kamu yang sudah terbiasa dengan HTML , mungkin tidak terlalu susah . Tapi berhati-hatilah , karena jika salah mengedit, file XML akan rusak. Sebaiknya edit saja bagian - bagian yang penting seperti navigasi menu atau link- link penting lainnya .

5 . Untuk menggunakannya di blogger , download file XML tadi menggunakan Operamini Mod 3 . 12. Caranya , pada halaman utama operamini, tekan angka 1. Pada kolom pertama , masukkan url file XML tadi misalnya http :/ /contoh . wen. ru / blogger . xml . Pada kolom kedua ( yang sebelah kanan ) , tentukan dimana file tersebut akan disimpan . Klik Menu , Download .

6 . Untuk menggunakannya di blogger , caranya seperti biasa . Dari Dasbor , Tata Letak , Edit HTML , dan upload file tadi .selesai semoga berhasil membuat template kreasi edit sendiri.

Comments :

0 comments to “edit template file xml dengan handphone jadul”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by nazwa-555

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger