Sunday, April 3, 2011

cara menghindari lingkaran nafsu di kompasiana

pertama;
MbrasanAgar kita dikenal sebagai pribadi yang santun , gunakanlah bahasa yang santun . Tulislah komentar itu dengan pilihan kata yang tidak menyinggung perasaan penulis. Pada dasarnya, manusia memang selalu ingin dipuji . Oleh karena itu , hendaknya tulisan itu dihargai sebagai karya terbaik penulisnya . Tulislah komentar dengan dilandasi sikap simpati kepada penulisnya .
Kedua :
Menjaga Isi Hendaknya komentar itu selalu berkaitan dengan topik atau judul tulisan . Sebaiknya kita tidak menggiring opini kepada perdebatan. Damai itu indah, mengapa kita tidak ingin menikmatinya? Maka, jagalah isi komentar atau kita dijaga oleh komentar kita .
Ketiga :
Menjaga Norma Tulislah komentar dengan menjunjung tinggi norma atau pranata yang ada . Hendaknya kita tidak membenturkan permasalahan yang memang berasal dari perbedaan . Masalah agama sering dijadikan benturan -benturan . Lebih baik kita tidak mengomentari tulisan jika memang kita tidak menguasai materi. Menanggapi Komentar Kita begitu senang jika tulisan kita dikunjungi banyak orang. Lalu , tulisan itu menjadi magnet yang mempunyai daya pikat luar biasa . Di saat demikian , kondisi itu sering melenakan kita sebagai penulisnya . Maka, kita harus menanggapi komentar pembaca dengan sebaik -baiknya . Aku menawarkan tiga solusi , yaitu
menjaga waktu , menjaga efisiensi, dan menjaga nama.
Kesatu:
Menjaga Waktu Jika tulisan kita menjadi headline dan atau terekomendasi , kita dapat menebak bahwa tulisan kita pasti dikunjungi dan dibaca banyak orang. Tulisan kita dinilai oleh admin sebagai tulisan yang terpilih karena kualitas . Namun , kita sering terlena dengan itu ketika akan menjawab komentar pembaca. Maka, jagalah waktu . Pilihlah waktu yang sekiranya kompasiana tidak sibuk , semisal jam 21. 00 -05. 00. jangan menjawab komentar pada jam - jam sibuk . Mengapa ? Kita harus merasa kasihan kepada kompasianer lain yang dashboard -nya dipenuhi oleh jawaban komentar kita . Hargai dan hormatilah sesama kompasianer !
Kedua :
Menjaga Efisiensi Waktu itu harta paling berharga. Maka, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya agar tidak hilang percuma . Bagaimanakah caranya? Efisienkan waktu ketika menjawab komentar sesama kompasianer . Tulislah komentar itu singkat, padat , dan santun ! Hindari jawaban yang memancing perdebatan. Ingat satu hal lagi: ucapkan terima kasih !
Ketiga :
Menjaga Nama Sesekali ada kompasianer menulis komentar dengan nada tidak santun . Kita perlu menegurnya . Namun , hendaknya kita menegur dengan cara yang santun . Bagaimanakah caranya? Cukup tulislah pesan melalui inbox - nya. Jagalah nama baiknya agar nama Anda juga dijaga . Materi di atas merupakan perwujudan penjelasan kepada mahasiswaku pagi ini ( Minggu , 3 April 2011 ) . Kebetulan hari ini aku mengajar mahasiswa untuk mata kuliah Pembelajaran Bahasa . Semoga sekadar coretan ini bermanfaat bagi kita . Amin . Terima kasih!

Comments :

0 comments to “cara menghindari lingkaran nafsu di kompasiana”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by nazwa-555

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger