Saturday, November 27, 2010

Transfer minidv ke laptop

Transfer Video dari Handycam Sony Mini-DV ke Komputer Menggunakan USB 2. 0

Banyak cara untuk memindahkan video dari komputer ke handycam . Apabila kita menggunakan kamera video dengan media penyimpanan mini -DV maka ada dua cara pemindahan video yaitu dengan interface FireWire ( IEEE 1394) dan USB 2 . 0 . Perbedaan mendasar dari dua antarmuka/ interface tersebut adalah pada kecepatan transfer data misalnya dalam video transfer. FireWire memungkinkan kita mentransfer data dengan kecepatan hingga 800 Mbps, sedangkan USB versi 2 . 0 mendukung kecepatan hingga 480 Mbps . Untuk kualitas video yang dihasilkan , antarmuka FireWire mampu menghasilkan video dengan resolusi 720 x 576 pixel ( PAL ) , sedangkan antarmuka USB 2 . 0 hanya mampu menghasilkan video dengan resolusi maksimal 640 x 480 pixel. Kedua ukuran resolusi tersebut lebih dari cukup untuk membuat konten video yang nantinya akan didistribusikan dalam format Video CD ( VCD ) yang memiliki resolusi 352 x 288 pixel ( PAL ) . Dalam tutorial kali ini kita akan mencoba memindahkan video dari Sony Handycam Tipe DCR -HC 42 E ke Personal Computer menggunakan antarmuka USB 2 . 0 . Aplikasi video editing yang digunakan untuk menangkap ( meng- capture ) video dari handycam adalah Windows Movie Maker 2 . 0 yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows XP Professional SP 2 . Berikut ini langkah - langkahnya :
1 . Download file USBDRVEN. zip dari halaman ( www .box . net/ shared/77nzt 1 g 0 ss ) , lalu buka menggunakan aplikasi WinZIP atau klik dua kali ( maka aplikasi Windows Extractor yang ada di dalam Windows XP akan membuka file tersebut ) . Ekstraklah ke lokal direktori yang ada di komputer. Berikutnya klik dua kali pada file USBDRVEN. exe . Pilih lokasi ekstrak . Lalu dalam folder hasil ekstraksi klik dua kali pada file Setup. exe untuk memulai proses instalasi .
2 . Hubungkan handycam ke AC adaptor ( cara yang sama untuk mengisi batere ) .
3 . Seting handycam ke USB stream mode. Buka LCD pada handycam , lihat menu yang ada di sebelah kanan bawah. Kemudian tekan P- menu, lalu tekan MENU , selanjutnya pilih EDIT/ PLAY, lalu klik USB MODE , selanjutnya pilih USB Stream.
4 . Rewind handycam ke posisi awal rekaman gambar.
5 . Hubungkan handycam dengan PC menggunakan kabel USB . ( USB -Mode t handycam LCD / viewfinder .)
6 . Jalankan aplikasi Windows Movie Maker . Klik pada menu ’Capture . . ‘ untuk memulai .
7 . Pilih Sony Digital Imaging Device . Klik Next.
8 . Tentukan file name dan lokasi penyimpanan untuk meng -capture video . Klik Next.
9 . Tentukan format capture dan klik Next . ( Gunakan pilihan recommended setting jika tidak jelas)
10. Tampil dialog box dengan tombol Start Capture dan End Capture di sebelah kiri atas serta preview window i sebelah kanan .
11. Play pada handycam. Maka video dari handycam akan tampil pada preview window dari WMM .
12. Klik tombol Start Capture untuk mulai merekam video . Klik tombol End Capture untuk menghentikan perekaman .
13. Klik tombol Finish. Berikutnya file . wmv akan disimpan pada lokasi penyimpanan yang kita tentukan pada langkah ke-7 . Sekali lagi kami tekankan bahwa cara capture video seperti ini hanya dipergunakan untuk video transfer dari kamera handycam Sony dengan penyimpanan Mini -DV . Driver USB yang tersedia hanya cocok digunakan pada sistem operasi Windows XP , dan tidak mendukung sistem operasi Windows Vista .

Comments :

0 comments to “Transfer minidv ke laptop”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by nazwa-555

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger